Headlines

Published On:Rabu, 05 November 2014
Posted by Desa Sukorejo

KABUPATEN BOJONEGORO BERKOMITMEN UNTUK MENJADI KOTA WELAS ASIH

KIM Singonoyo (Desa Sukorejo) - Selamat... Bismillah dan Barokalloh Buat Bojonegoro Kota Tercinta yang berkomitmen jadi Kota Welas Asih. Amin...



CHARTER FOR COMPASSION ATAU PIAGAM WELAS ASIH ADALAH SEBUAH DOKUMEN UNIVERSAL TANPA MELIHAT PERBEDAAN AGAMA,
IDEOLOGI, ATAU BANGSA.

DENGAN MENANDATANGANI PIAGAM INI, KABUPATEN BOJONEGORO BERKOMITMEN UNTUK MENJADI KOTA WELAS ASIH
(COMPASSIONATE CITY)

Piagam Welas Asih

Prinsip welas asih tersemat dalam jiwa semua tradisi agama, etika atau kerohanian, dan menyeru kepada kita untuk selalu memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Welas asih mendorong kita bekerja tanpa kenal lelah untuk menghapuskan penderitaan sesama manusia. Dan untuk melepaskan kepentingan kedudukan kita demi kebaikan dan kesejahteraan orang lain, serta untuk menghormati kesucian fitrah setiap manusia, memperlakukan setiap orang dengan keadilan, kesamaan, dan rasa hormat yang mutlak tanpa pengecualian.

Adalah juga penting dalam kehidupan masyarakat dan perseorangan untuk terus menerus menahan menahan diri secara konsisten dan empatik dari tindakan menyakiti orang lain. Bertindak dan berkata-kata kasar karena rasa dendam, kesombongan bangsa, atau kepentingan diri, menindas, mengeksploitasi atau menyangkal hak asasi siapa pun dan menghasut kebencian melalui fitnah bahkan terhadap musuh pun adalah penyangkalan terhadap kemanusiaan bersama. Kami mengaku bahwa kami telah gagal hidup berwelas asih dan malahan ada juga yang menambah penderitaan sesama manusia atas nama agama. 

Oleh karena itu kami menyeru kepada semua orang, laki-laki dan perempuan, supaya menghidupkan kembali perasaan welas asih sebagai asas etika dan agama untuk kembali kepada prinsip asal bahwa setiap tafsiran kitab suci yang melahirkan kekerasan, kebencian, atau penghinaan, adalah tidak sah untuk menjamin kaum muda diberi informasi yang tepat dan menghargai tradisi, agama dan kebudayaan lain untuk mendorong penghargaan yang positif terhadap keragaman budaya dan agama untuk menyamai empati atas penderitaan semua umat manusia termasuk mereka yang dianggap musuh. 

Kita sangat perlu menjadikan welas asih sebagai suatu kekuatan nyata, bercahaya, dan dinamik dalam dunia kita yang terpolarisasi. Berakar dalam tekad mendasar untuk mengatasi keakuan, welas asih dapat meruntuhkan batas-batas politik, dogmatik, ideologis, dan keagamaan. Lahir dari ketergantungan kita yang mendalam antara satu dan yang lain, welas asih adalah esensi bagi hubungan antara manusia dan untuk menggenapi kemanusiaan. Welas asih adalah jalan menuju pencerahan, dan tidak dapat diabaikan dalam menciptakan ekonomi yang adil dan kehidupan bersama yang damai.  
                                                                                                  

Bojonegoro, 19 Oktober 2014

           KETUA DPRD                                                                                   KETUA FKUB
KABUPATEN BOJONEGORO                                                       KABUPATEN BOJONEGORO



     MITRO’ATIN, S.Pd                                                            Drs. KH.ALAMUL HUDA MASYHUR

                                                              BUPATI BOJONEGORO


                   Drs. H.SUYOTO

About the Author

Posted by Desa Sukorejo on 23.50. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Desa Sukorejo on 23.50. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "KABUPATEN BOJONEGORO BERKOMITMEN UNTUK MENJADI KOTA WELAS ASIH"

Leave a reply

Salam Kebersamaan Membagun Masyarakat Melek IT, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda. Terima kasih...

Profil KIM Singonoyo

Demokrasi Terbaik Dunia

Sosial Media

KIM Singonoyo Semakin Bersinar

Laporkan...!!!