Headlines

Published On:Selasa, 10 Juni 2014
Posted by Desa Sukorejo

SMKN I Bojonegoro Sandang Predikat Adiwiyata Nasional

KIM Singonoyo (Desa Sukorejo) __ Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro Jawa Timur kembali menggalakkan sekolah Adiwiyata di wilayahnya. “Secara bertahap nantinya semua sekolah di Bojonegoro akan kita dorong untuk memenuhi kretiria itu sehingga menjadi sekolah adiwiyata. Kita sudah koordinasikan program ini dengan Dinas Pendidikan,” ujar Tedjo Sukmono, Kepala BLH Bojonegoro.
Saat ini, di Bojonegoro terdapat 80 sekolah tingkat SD hingga SMA binaan sekolah Adiwiyata, dari jumlah tersebut satu sekolah telah menyandang Adwiyata tingkat nasional yakni SMKN 1 Bojonegoro.
Sementara itu, tiga sekolah lainnya berpredikat Adiwiyata propinsi yaitu SMP N 4 Bojonegoro, SMKN 4 Bojonegoro, SMAN 1 Sumberjo dan lima sekolah lainnya berpredikat Adiwiyata tingkat kabupaten, yakni SDN Lukman Al Hakim, SMA N 1 Bojonegoro, SMAN 3 Bojonegoro, SMK Purwosari, dan SMPN 2 Bojonegoro.
Tedjo Sukmono mengatakan, sekolah berpredikat adiwiyata ini merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan dan berbudaya lingkungan. Artinya sekolah itu harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya menerapkan kurikulum lingkungan hidup, melakukan gerakan penanaman pohon di lingkungan sekolah, serta mampu memilah dan mengolah sampah.
Hal lain yang menjadi kriteria adalah harus memiliki bank sampah, sanitasi yang baik, mengolah air limbah menjadi air bersih yang bisa dimanfaatkan, IPAL, memiliki biopori dan sumur resapan.
Dia berharap, dengan dijadikan sekolah adiwiayata ini akan menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan sejak dini. Sehingga nantinya menjadi generasi yang bermartabat.

Sumber : Kanal Bojonegoro

About the Author

Posted by Desa Sukorejo on 14.05. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Desa Sukorejo on 14.05. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

4 komentar for "SMKN I Bojonegoro Sandang Predikat Adiwiyata Nasional"

  1. Selamat dan sukse..... Semoga SMKN I Bojonegoro makin #Matoh

  2. oh ini yang sekolah hijau dekat islamic center ya, bagus banget patut di contoh ini

  3. bisa di contoh untuk sekolah-sekolah lainnya,,,

  4. futsal : amin :)

    aniz : iya betul banget :)

    iya.. semga kedepannya bisa di adopsi semua sekolah,,, :)

Leave a reply

Salam Kebersamaan Membagun Masyarakat Melek IT, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda. Terima kasih...

Profil KIM Singonoyo

Demokrasi Terbaik Dunia

Sosial Media

KIM Singonoyo Semakin Bersinar

Laporkan...!!!